Nama Mata Uang Negara Portugal

Advertisements

Nama Mata Uang Negara Portugal - Masihkan Anda ingat pelajaran mata uang yang dibahas pada Ilmu Pengetahuan Sosial? Pembahasan mata uang dan konversi nilainya pada bangku SD mengalami perubahan seiring naik turunnya nilai tukar dan ekonomi Internasional, karena sebagian mengalami devaluasi dan perubahan mata uang sehingga tidak lagi menggunakan mata uang lama.

Beberapa negara seperti Qatar yang awalnya menggunakan Indian Rupee, kemudian beralih memakai mata uang negara sendiri, Riyal (Qatar Rial), atau Jerman yang mengganti Deutsch Mark dengan Euro. Hal ini terjadi pula di negara Portugal, nama mata uang negaranya adalah Escudo.
Nama Mata Uang Negara Portugal
Awalnya di Portugal, nama mata uang negaranya adalah Escudo. 1 Escudo (PTE) = 100 centavos (CVE). Jika dirupiahkan, maka 1 centavos sama dengan 134,31 rupiah. Sama artinya 1 escudo = IDR 13. 431. Portugal adalah salah satu anggota Uni Eropa terlama, sehingga memasukkannya dalam eurozone yang anggotanya memakai 1 mata uang yang sama, yaitu Euro (EUR).

Advertisement
Dikutip dari pelbagai sumber, Escudo hanya digunakan Portugal sampai 1 Januari 1999 dan peredaran mata uang ini secara resmi ditarik dari pada tanggal 28 Februari 2002. Namun berbeda dengan Tanjung Verde (Cap Verde), yang masih menggunakan escudo dalam transaksi dalam negri. Walau Portugal dikenal sebagai negara maju dengan penghasilan penduduk yang tinggi, hal ini tidak lantas menjadikan Portugal memiliki pendapatan per kapita yang tinggi.

Faktanya justru Portugal menjadi negara dengan pendapatan per kapita terendah ke – 11 Uni Eropa. Tidak hanya di Portugal, nama mata uang negaranya adalah Escudo. Sejarah menyebutkan escudo juga dijadikan mata uang yang digunakan di Spanyol dan koloninya di Amerika Selatan, Afrika, dan sebagian Asia. Diantaranya Portuguese Timorese, Portuguese Indian, dan Guinean Escudo; Mozambique, Chili dan Angola.

Baca juga terkait Nama Mata Uang Negara Portugal  :

Orang Spanyol dan Portugis mengartikan Escudo sebagai shield atau tameng. Namun sepertinya ‘tameng’ ini hanya bertahan sampai Banco de Portugal, salah satu bagian integral dari sistem Bank Sentral Uni Eropa, menggantinya dengan Euro sebagai alat tukar dan transaksi sah di beberapa wilayah Eropa. Itulah pemabahasan mengenai Nama Mata Uang Negara Portugal semoga bermanfaat.