Nama Mata Uang Negara Peru

Advertisements

Nama Mata Uang Negara Peru - Pernah mendengat situs peradaban kerajaan Inca? Ya, Kerajaan Inca, beribukota di Machu Pichu, adalah bagian dari sejarah khas dari negara Peru. Tentu rupa peninggalan suku Inca sudah sangat viral di dunia maya. Namun, tahukah bahwa Peru, nama mata uang negaranya adalah Nuevo Sol, juga memiliki sebuah ritual yang dikenal dengan sebutan Takanayakuy?

Takanayakuy adalah festival dimana orang lokal – Peru adalah negara dengan jumlah populasi pendatang lebih banyak dari penduduk asli, Suku Inka – akan mempertunjukkan kemahiran dalam berkelahi menggunakan tangan kosong. Uniknya, festival yang dihelat setiap tahun tanggal 25 Desember, bertepatan dengan hari lahir Yesus, diikuti tidak hanya kaum lelaki.
Nama Mata Uang Negara Peru
Perempuan, anak laki dan perempuan, segala usia diperbolehkan mengikuti dan meramaikan festival ini. Sejarahnya Takanakuy dimulai sebuah kota di Chumbivilcas, yaitu Santo Tomas, kemudian merambah ke daerah lain. Festival tahunan ini paling ramai diadakan di ibukota Peru, Lima dan Cuzco. Orang lokal memakai pakaian tradisional Andes dan menunjukkan bagaimana mereka melestarikan tradisi penyelesaian konflik jaman dahulu, dengan beradu tangan kosong dan sesekali menari.

Advertisement
Puncak acara perayaan tradisi Takanayakuy di Chumbivilcas kemudian disusul perayaan kedua di desa Lalique, sehari setelahnya. Dari Lima, provinsi Chumbivilcas berjarak 1.017 km, setara 15 jam menaiki mobil atau bus. Tarif bus antar provinsi bervariasi mulai dari USD 20 dengan pajak keberangkatan antara 1 sampai 1.5 Nuevo Sols.

Peru, nama mata uang negaranya adalah Nuevo Sol atau sol atau PEN. Nilai Nuevo Sol saat ini (update Januari 2016) USD 1 = PEN 3.25. Artinya PEN 1 = IDR 4.259,08. Jika Anda berencana berlibur ke Peru dan menonton festival Takanayakuy maka Anda bisa menggunakan 2 pilihan : menggunakan mata uang Peru, nama mata uang negaranya adalah Nuevo Sol atau US Dollar.

Baca juga terkait Nama Mata Uang Negara Peru :

Masyarakat Peru menerima keduanya. Anda juga perlu menyiapkan koin jika ingin membeli oleh-oleh (selain di supermarket) dari penduduk setelah menonton Takanakuy. Koin yang berlaku di Peru terdiri dari 5 jenis : 2 dan 1 Nuevo Sol, 10, 20, 100, dan 200. Itulah pembahasan mengenai Nama Mata Uang Negara Peru semoga bermanfaat.