Nama Mata Uang Negara Perancis

Advertisements

Nama Mata Uang Negara Perancis - Negara Perancis, tentu sudah Anda kenal dengan satu destinasi wisata populernya bernama menara Eifel. Tahukah Anda jika mata uang di negara tersebut memiliki kisah sejarah menarik sebelum digunakan sebagai alat transaksi di zaman modern saat ini. Perancis, Nama Mata Uang Negaranya Adalah Franc dan saat ini digunakan sebagian besar penduduk Perancis. Franc juga digunakan sebagai mata uang di beberapa negara Afrika diantaranya Togo, Benin, Niger, Kamerun, Gabon, Republik Kongo, dan lain-lain.

Franc dipakai sebagai mata uang sejak tahun 1945 menggantikan mata uang sebelumnya bernama Franc CFP. Setiap mata uang Franc dibagi menjadi 100 centime. Seiring perubahan sistem ekonomi dan perkembangan ekonomi global, Perancis mengubah mata uang mereka menggunakan Euro. Hal tersebut dikarenakan banyak warga Perancis yang meninggalkan mata uang Franc.
Nama Mata Uang Negara Perancis
Kesepakatan tenang perpindahan penggunaan mata uang tersebut terjadi pada bulan Januari 2001. Perancis, Nama Mata Uang Negaranya Adalah Franc kini sudah diganti dengan Euro, tetapi pergantian tersebut belum mempengaruhi negara lain dengan mata uang Franc. Tercatat, Perancis menjadi negara ketiga yang meninggalkan mata uang aslinya setelah Belanda meninggalkan Gulden, dan Irlandia meninggalkan Punt.

Advertisement
Pada saat perpisahan sebelum menggunakan Euro, hadir sejumlah petinggi negara Perancis beserta 600 undangan lainnya. Perancis menjadi negara ke 12 yang menggunakan mata uang Euro. Padahal Perancis, Nama Mata Uang Negaranya Adalah Franc tidak mengalami banyak masalah keuangan, hanya saja masyarakat merasa jenuh dan nilai tukar mata uang terbilang kecil.

Sejak peluncuran mata uang Euro pertama kali di Perancis, peminat Franc langsung berpindah ke Euro. Secara perlahan masyarakat Perancis beralih ke Euro dan uniknya ada beberapa warga merasa kurang nyaman  menggunakan Euro. Memang sangat sulit menghilangkan kebiasan memakai mata uang lama diganti mata uang baru.

Baca juga terkait Nama Mata Uang Negara Perancis :

Memerlukan waktu cukup lama untuk bisa beralih ke mata uang lainnya, meski begitu masih ada warga merasa nyaman memakai mata uang asli Perancis versi Franc. Untuk nilai tukar Franc terhadap Rupiah terbilang cukup tinggi dimana 1 Franc = Rp 13.400. Perbandingan tersebut diambil sejak Januari 2016. Itulah ulasan mengenai Nama Mata Uang Negara Perancis semoga bermanfaat.