Nama Mata Uang Negara Aljazair

Advertisements

Nama Mata Uang Negara Aljazair - Aljazair terletak di pesisir laut tengah, afrika utara. Dinamakan Aljazair yang berarti kepulauan dalam bahasa arab. Hal ini di karenakan, ibukota Aljazair terletak di antara 4 buah pula. Aljazair yang sebagian besar warga negaranya beragama islam ini mempunyai mata uang Dinar. Dinar ini merupakan mata uang resmi negara Aljazair sejak tahun 1964 menggantikan Franc Aljazair. Dinar ini berasal dari kekaisaran Roma, Denarius. 

Mata uang Dinar ini terbagi menjadi 100 santeem, pecahannya adalah 200, 500, 1000 Dinar. Jika di rupiahkan, 0.20 Dinar sama dengan 7300 rupiah.Aljazair merupakan negara yang cukup berkembang pesat dengan perekonomiannya. Dengan mengandalkan sumber-sumber minyak, sektor manufaktur telah menderita penyakit belanda. 
Nama Mata Uang Negara Aljazair
Hingga saat ini, Aljazair menempati urutan ke tiga di benua afrika. Hasil utama dalam menopang suksesnya perekonomiannya adalah sektor pertambangan. Yakni minyak bumi dan gas alam. Bahkan di perkirakan mencapai 98% dari pendapatan nasional. Minyak bumi dari negara ini menempati urutan ke 15 di dunia dan gas alamnya menjadi peringkat ke 7 di dunia. Sahara timur adalah tempat cadangan minyak Aljazair ini.

Aljazair mempunyai perusahaan minyak nasional yang bernama sonatrach. Ini merupakan perusahaan yang terbesar yang ada di Afrika. Aljazair ini juga mempunyai tentara terbesar kedua dan anggaran pertahanan terbesar. Pada tahun 1980-an, pemerintah negara ini sempat mengurangi ekspor untuk menanggulangi penipisan cadangan, namun pada tahun 1990-an, ekpor minyak dan gas alam kembali di naikkan. 

Ekpor utama lainnya selain minyak dan gas alam adalah hewan ternak. Yakni sapi, domba, dan kuda. Produk hewa juga banyak di ekpor dari negara ini. Seperti kain wol dan kulit, lalu ada juga buah dan sayuran. Yaitu serealia(gandum hitam, jelai, haver), amggur dan buah ara. Dilanjutkan dengan benih, rumput, ekstrak nabati, minyak zaitun, dan lain sebagainya.

Baca juga Nama Mata Uang Negara Aljazair :
  1. Nama Mata Uang Negara Thailand
  2. Mata Uang Negara Korea Utara Selatan
  3. Nama Mata Uang Negara Albania
  4. Nama Mata Uang Negara Afrika Tengah
  5. Nama Mata Uang Negara Afrika Selatan

Sementara itu, Aljazair mengimpor gula, kopi, mesin, logam dengan segala jenis olahannya, pakaian dan tembikar. Negara yang menjadi pemasok utamanya adalah prancis. Sedangkan untuk ekspor negara yang menjadi partner negara ini adalah inggris, perancis, italia, amerika serikat dan spanyol. Itulah pembahasan kami mengenai Nama Mata Uang Negara Aljazair semoga bermanfaat untuk anda semua