Nama Mata Uang Negara Afrika Tengah

Advertisements

Nama Mata Uang Negara Afrika Tengah - Negara Afrika cukup luas. Namun setiap bagian negara mempunyai nama mata uang yang berbeda-beda. Nama mata uang negara Afrika Tengah ini adalah Franc. Franc Afrika Tengah ini di lambangkan dengan CFA. Franc bila dibandingkan dengan Rupiah Indonesia dibagi menjadi 100 sen. Afrika Tengah CFA dibagi menjadi 100 centimes. Jadi, informasi terbaru per bulan november 2015 ini, Rp 100 sama dengan 4,47 CFA.

Republik Afrika Tengah dahulu bernama Ubangi-Shari. Republik Afrika Tengah ini berbatasan dengan banyak negara antara lain Chad, Sudan, Republik Demokratik Congo (Zaire), Congo dan Kamerun. Dahulu, Afrika Tengah ini merupakan salah satu negara jajahan perancis. Dan Afrika tengah ini merdeka dari Prancis pada 13 Agustus 1960. Konstitusi dilalui referendum pada 29 Desember 1994 sedangkan Ibu kota Republik Afrika Tengah ini bernama Bangui.
Nama Mata Uang Negara Afrika Tengah
Afrika Tengah ini memiliki sumber-sumber alam yang besar. Seperti tembaga, emas, uranium, dan kayu. Namun, sangat di sayangkan, Sebagian besar penduduk Afrika Tengah masih di bawah garis kemiskinan dan sebagian besar pendudukmya bekerja pada sektor agraris. Hasil pertanian yang di hasilkan antara lain, kapas, tanaman pangan (singkong, ubi, pisang, jagung), kopi, dan tembakau. Pada tahun 2002, kayu tersebut adalah sekitar 30% dari pendapatan ekspor. 

Hal ini juga disebabkan karena letak geografis yang dikelilingi oleh dataran dan benar-benar terisolasi di tengah Afrika. Kondisi ini di manfaatkan oleh negara-negara tetangga Afrika selatan yang ingin menjajah dengan cara menawarkan harga tinggi. Komite Moneter dan Perekonomian Afrika Tengah alias Central African Economic and Monetary Community yang terdiri dari enam negara di wilayah Afrika Tengah, memotong prediksi pertumbuhan perekonomian menjadi 2,8% karena resesi ekonomi global. 

Sebelumnya, mereka memprediksi pertumbuhan ekonomi mereka akan menjadi 3,9%. Hal ini dikatakan oleh Philibert Andzembe, President Monetary Policy Committee Cemac melalui pernyataannya di ibukota Kamerun,Yaounde. Selama lebih dari 40 tahun sejak kemerdekaannya, Afrika Tengah membuat kemajuan yang sangat lambat dalam perekonomian negara. 

Baca juga terkait Nama Mata Uang Negara Afrika Tengah :
  1. Nama Mata Uang Negara Thailand
  2. Mata Uang Negara Korea Utara Selatan
  3. Nama Mata Uang Dunia Beserta Simbol
  4. Mata Uang Negara Indonesia
  5. Nama Mata Uang Negara Afrika Selatan  

Penyebabnya di duga karena ekonomi salah urus, infrastruktur buruk, basis pajak terbatas, investasi swasta langka, dan kondisi eksternal yang merugikan telah menyebabkan defisit di kedua anggaran dan perdagangan eksternal. Itulah penjelasan kami mengenai Nama Mata Uang Negara Afrika Tengah Semoga bermanfaat untuk anda semua.