Nama Mata Uang Negara Albania

Advertisements

Nama Mata Uang Negara Albania - Albania merupakan salah satu negara bagian yang terletak di Eropa bagian Tenggara. Nama Albania ini di duga dari perkataan indo-eropa yaitu albh yang berarti putih. Albania mempunyai mata uang yang di namakan Lek atau Leke dalam bahasa Albania. Lek ini adalah mata uang resmi Albania. Setiap satuannya di bagi menjadi 100 qindarka.

Qindarka ini juga berasal dari bahasa Albania yang berarti seratus. Mata uang Lek ini di pakai sejak tahun 1912 yang sebelumnya mata uangnya bernama Ottoman. Lek ini di ambil dari nama Alexander the great. Yakni nama raja makedonia kuno. Jika di tukar dengan rupiah, nilai nya adalah Rp 100 sama dengan L 0,93.
Nama Mata Uang Negara Albania
Albania ini di golongkan menjadi salah satu negara termiskin di Eropa. Di Albania, pertanian merupakan salah satu sektor terpenting dalam ekonomi Albania. Tanaman utama yang di Albania adalah jagung, anggur, zaitun, kentang, bit, sayuran, dan gandum. Ternak juga banyak di jadikan sumber perekonomian di negara ini. Hewan yang di ternak antara lain yaitu sapi, unggas, kambing, dan domba. 

Hasil tambang di Albania antara lain kromit, tembaga, lignit, dan mineral lainnya. Gas alam dan minyak bumi yang di produksi di Albania ini juga relatif sedikit karena sedikitnya jumlah pabrik. Pabrik di Albania ini meliputi semen, produk makanan, dan tekstil. Barang yang di eksport Albania antara lain kromit, tembaga, lignit, alas kaki, sayuran dan buah-buahan serta tekstil.

Sedangkan barang importnya yang terpenting adalah industri makanan dan mesin pertanian. Bisa di katakan, Albania ini lebih sering mengimport daripada mengeksport. Yang menjadi mitra dagang utamanya adalah negara Italia. Sarana transportasi umum di Albania adalah bus dan kereta api. Sampai tahun 1991, kepemiikan mobil di anggap ilegal.

Baca juga terkait Nama Mata Uang Negara Albania :
  1. Nama Mata Uang Negara Thailand
  2. Mata Uang Negara Korea Utara Selatan
  3. Nama Mata Uang Dunia Beserta Simbol
  4. Nama Mata Uang Negara Afrika Selatan 
  5. Nama Mata Uang Negara Afrika Tengah

Jaringan kereta api Albania menghubungkan Tirane dan Durres yaitu kota pelabuhan utama negara dengan sentra industri penting seperti Elbasan, Fier, Shkoder, dan Vlore. Sebuah bandara kecil di luar Tirane menghubungkan Albania dengan beberapa negara Eropa. Itulah pembahasan kami mengenai Nama Mata Uang Negara Albania semoga bermanfaat untuk anda semua.