Nama Mata Uang Negara Uganda

Advertisements

Nama Mata Uang Negara Uganda - Secara geografi, Uganda ini berukuran dua kali lebih besar dari Pensylvania di Afrika Timur. Uganda ini berbatasan langsung dengan Kongo, Sudan, Kenya, dan Tanzania. Negara ini sudah di tempati sejak 500SM oleh bangsa yang berbahasa Bantu. Namun mulai di ekplorasi oleh orang Eropa dan pedagang Arab pada tahun 1844.

Lalu mulai banyak orang Eropa yang kemudian menetap di Uganda. Negara ini kemudian merdeka pada 9 Oktober 1962 dengan Presiden pertama yang bernama Sir Edward Mutesa, Raja Buganda dan perdana menteri Milton Obotte. 4 tahun kemudian, Milton Obotte menjadi presiden dengan bantuan seorang militer muda yang bernama kolonel Idi Amin.
Nama Mata Uang Negara Uganda
Namun Idi Amin ini berniat jahat dan menggulingkan kepemimpinan Obotte. Bahkan mengirimnya ke pengasingan di Tanzania dan mengusir penduduk Asia di negara Uganda. Idi Amin yang haus kekuasaan ini menyatakan menjadi presiden seumur hidup tanpa pelantikan. Dan lebih dari 300.000 jiwa melayang di bawah pemerintahannya yang kejam.

Advertisement
Uganda, nama mata uang negaranya adalah Shilling ini pun mulai bangkit pada saat Obotte di bantu oleh presiden Tanzania dan orang Asia yang di buang oleh Idi Amin meluncurkan serangan demi serangan sehingga meruntuhkan kekuasaannya. Namun pada akhirnya Jenderal Titto Okello menjadi presiden selanjutnya. Banyak konflik yang terjadi dalam negara ini.

Namun negara Uganda bisa menyelesaikannya walaupun harus mengorbankan banyak nyawa. Insiden ini berakhir pada tahun 2009.Pada tahun 2011, Musveni terpilih menjadi presiden baru Uganda. Namun ini juga menuai banyak intrik dan konflik hingga menewaskan beberapa orang. Politik di negara ini memang terkesan tidak terorganisir dengan baik.

Bahkan pada bulan Oktober di tahun yang sama dua anggota menteri Uganda terbukti bersalah karena korupsi. Uganda, nama mata uang negaranya adalah Shilling ini sebenarnya mempunyai potensi besar di bidang pertambangan yaitu minyak bumi. Namun terdengar kabar bahwa keberadaan minyak bumi ini justru menjadi masalah karena para pejabat terbukti memberikan kontrak-kontrak minyak dengan ilegal.

Baca juga terkait Nama Mata Uang Negara Uganda :

Hingga pada tahun 2015 ini Uganda bisa meningkatkan perekonomiannya sebanyak 5,3 %. Hal ini di dukung oleh  investasi, infrastruktur, dan kenaikan harga minyak. Untuk Uganda, nama mata uang negaranya adalah Shilling dan bila di konversikan, Rp10.000 sama dengan 2.500UGX atau setara dengan 2000UGX menjadi Rp7.975,- Itulah penjelasan tentang Nama Mata Uang Negara Uganda semoga bermanfaat.