Nama Mata Uang Negara Tunisia

Advertisements

Nama Mata Uang Negara Tunisia - Dikenal dengan nama Arab Al Jumhuriyyah At Tunisiyah, Republik Tunisia adalah salah satu negara muslim teluk yang berada di benua Afrika bagian utara. Wilayah darat Tunisia sebagian besar berupa gurun (dalam bahasa Arab disebut sahara) dan tanah subur.

Tunisia, nama mata uang negaranya adalah Dinar. Dinar tidak hanya dijadikan sebagai mata uang Tunisia, namun juga negara jazirah Arab lainnya seperti Serbia (RSD), Libya (LYD), Kuwait (KWD), Iraq (IQD), Bahrain (BHD), dan Aljazair (DZD). Dinar Tunisia dikenal menggunaka kode DT, dinar tunisia atau dinar tunisien – penduduk Tunisia sebagian besar menggunakan bahasa Perancis dalam keseharian –
Nama Mata Uang Negara Tunisia
Kode TD atau TND juga merupakan singkatan dari Tunisian Dinar, namun kode ini jarang dipakai dalam keseharian transaksi. Awalnya Tunisia, nama mata uang negaranya adalah Dinar menggunakan mata uang franc (1958) kemudian beralih ke dinar karena devaluasi pada franc Perancis. Nilai tukar franc terhadap dinar adalah 1 franc = 1.000 dinar, kemudian mulai ditinggalkan.

Advertisement
Nilai 1 dinar terhadap dolar adalah 2,38 dan menurun pada angka 1,90 dolar pada tahun 1971, saat dolar didevaluasi. Menurut sejarah, Tunisia hanya memiliki tingkat inflasi yang rendah : 4,9% pada tahun 2007 – 2008, dan 3,5% pada tahun 2009 (sumber : en.wikipedia.org)

Beralih pada ulasan sub unit dari tunisien dinar. 1 tunisien dinar sama dengan 1.000 millimes (tunggal millim). Nilai ini tertera pada koin Tunisia yang beredar saat ini. Yaitu 5, 10, 20, 50, 100, 200, 500 millimes atau ½ dinar, 1, 2, dan 5 dinar. Ada satu koin dengan bentuk unik yang diedarkan tahun 2013, senilai pecahan 200 millimes dan 2 dinar.

Baca juga terkait Nama Mata Uang Negara Tunisia :

Bentuk koin ini memiliki sudut tridekagonal yang terbuat dari campuran perunggu dan besi, diameter 29 mm dengan berat 9,4 gram pada 200 millimes dan diameter yang sama namun dengan berat 11,2 gram pada 2 dinar. Menilik nilai tukarnya terhadap rupiah, Tunisia, nama mata uang negaranya adalah Dinar masih memiliki angka tinggi. 1 tunisien dinar = 6.752,78 rupiah. Itulah penjelasan tentang Nama Mata Uang Negara Tunisia semoga bermanfaat.