Nama Mata Uang Negara Taiwan

Advertisements

Nama Mata Uang Negara Taiwan - Taiwan menggunakan dolar sebagai mata uangnya. Dengan nilai tukar 1 US dollar sama dengan 33,55 dollar taiwan baru (Taiwan New Dollar, kode TWD). Taiwan, nama mata uang negaranya adalah Dollar. Dollar taiwan menurut sejarah dibagi menjadi 2 masa, yaitu Old Taiwan Dollar (OTD) dan New Taiwan Dollar (NTD). Berikut ini ulasannya :

1. Old Taiwan Dollar - Jenis dollar ini digunakan Taiwan dalam masa yang sangat singkat. Terjadi pada tahun 1946-1949, ketika  penyerahan kekuasaan dari kekaisaran Jepang kepada Nasionalis Cina. Mata uang ini dikeluarkan dan diresmikan oleh Bank Taiwan, namun akhirnya mengalami hiperinflasi.
Nama Mata Uang Negara Taiwan
Yang kemudian membuat Bank Taiwan membuat mata uang baru, New Taiwan Dollar (NTD) pada Juni 1949. Dahulu Taiwan berada dalam kekuasaan Jepang dari tahun 1895 sampai 1945 sehingga pemerintah melalui Bank Taiwan mengeluarkan mata uang yen .

Advertisement
Setelah perang dunia II Jepang kalah dari Cina, maka kekuasaan diserahkan ke Cina dan Taiwan mengeluarkan dollar pertama kalinya. Hiperinflasi yang terjadi di Taiwan adalah efek dari hal sama di Cina, sehingga pemerintah mengeluarkan uang kertas dengan nominal tinggi dan semakin tinggi, bahkan pernah setinggi 1.000.000 yuan. Fakta uniknya, Old Taiwan Dollar tidak mengedarkan pecahan uang koin.

2. New Taiwan Dollar - 15 Juni 1949 menjadi penanda Taiwan, nama mata uang negaranya adalah Dollar menggunakan New Taiwan Dollar (NTD) menggantikan OTD dengan perbandingan 1 NTD = 40,000 OTD. Hal ini bertujuan menghentikan hiperinflasi yang terjadi setelah perang saudara di Cina.

Pada umumnya kode NTD hanya digunakan pada transaksi dagang dalam negeri. Sedangkan  kode yang digunakan pada nilai tukar asing adalah TWD atau Taiwan New Dollar. Nilai tukarnya terhadap dolar Amerika Serikat semakin meningkat, dari 1 USD = 10 TWD hingga pada akhir 2015 menjadi 1 USD = 32,7 TWD. Per 2016 bulan Februari, nilai tukarnya menjadi 33,55.

Berbeda dengan OTD, NTD memiliki pecahan uang koin yang dicetak oleh Central Mint Of China, yang dikelola oleh Central Bank of China. Pecahan ini bernominal 1,5, 10, dan 50 dolar. Uang kertas TWD dicetak oleh China Engraving And Printing Works, yang juga dibawah pengelolaan Central Bank of China.

Baca juga terkait Nama Mata Uang Negara Taiwan :

Uang kertas yang sering digunakan dalam transaksi adalah 100, 500 dan 1.000 dolar. Namun juga ada pecahan 200 dan 2.000 dolar yang bisa dipakai bertransaksi. Bagaimana dengan nilai tukar TWD terhadap Indonesian Rupiah (IDR)? Mid-market rate per Februari 2016 menyatakan nilai tukar pada angka TWD 1 = IDR 410,15. Itulah pembahasan mengenai Nama Mata Uang Negara Taiwan semoga bermanfaat.