Nama Mata Uang Negara Saudi Arabia

Advertisements

Nama Mata Uang Negara Saudi Arabia - Saudi Arabia (Kingdom Of Saudi Arabia) menjadi salah satu negara penghasil minyak bumi serta pertrokimia, dan terkenal dengan dominasinya di Timur Tengah. Kekayaan terbesar negara tersebut didapatkan dari penjualan minyak mentah, perdagangan ternak dan olahannya (daging dan susu), serta pertanian gandum dan kurma.

Diproklamasikan tanggal 23 September 1932 oleh Abdul Aziz bin Abdurrahman Al-Sa’ud, Saudi Arabia resmi menyatukan Riyadh, Hijaz, Asir, dan Nejed. Beliau serta merta menjadi raja pertama kerajaan tersebut. Asal muasal nama Saudi Arabia adalah dari nama keluarga beliau, Al Sa’ud.
Nama Mata Uang Negara Saudi Arabia
Arab Saudi, mata uang negaranya adalah Real. Sejarahnya berawal dari pemakaian mata uang Real pada wilayah kerajaan Hijaz, yang kemudian menjadi bagian kerajaan sejak 1932. Kerajaan ini berkuasa antara tahun 1916 sampai 1925. Real adalah mata uang utama yang dipakai di wilayah Timur Tengah kala era Ottoman. Tahun 1963 terdapat pergantian sistem dan mengenalkan pecahan 1/100 Real, yaitu halalah.

Advertisement
Dan pada tahin 2003, tepatnya awal tahuh, IMF atau International Monetary Fund menetapkan nilai tukar Real terhadap Dollar. SAR 1 = USD 0.267 dan USD 1 = SAR 3,75. Saudi Arabia juga merupakan negara anggota Dewan Kerjasama untuk Negara Arab Teluk atau Cooperation Council For The Arab State Of The Gulf, yang sudah memakai mata uang tunggal Real bagi hampir semua anggota.

Contohnya Qatar (Qatari Rial/QAR), Oman (Omani Rial/OMR), dan Yaman (Yemeni Rial/YER). Sementara yang lainnya masih menggunakan mata uang dinar, franc, pound, shiling dan dirham. 18 September 2007 Amerika Serikat memangkas suku bunga bagi semua kegiatan perbankan namun Saudi Arabia tidak mengikutinya. Hal ini bisa berdampak bagi inflasi dan suku bunga rendah Real.

Baca juga terkait Nama Mata Uang Negara Saudi Arabia  :

Sampai saat ini, Saudi Arabia, mata uang negaranya adalah Real tetap menjadi mata uang yang ‘tidak tunduk’ pada dollar, tidak halnya dengan Indonesia yang nilai tukarnya masih tinggi terhadap dollar. Koversi mata uang Real terhadap Rupiah Indonesia saat ini (update Januari 2016) berada pada angka 3.647, 45. Itulah pembahasan mengenai Nama Mata Uang Negara Saudi Arabia semoga bermanfaat.