Nama Mata Uang Negara Panama

Advertisements

Nama Mata Uang Negara Panama - Sebuah negara bernama Panama, mungkin Anda pernah mendengarnya. Sebuah negara di Amerika Tengah ini terkenal dengan Terusan Panama. Tidak berbeda jauh dari negara lainnya, Panama menjadi satu negara dimana potensi ekonomi mampu bersaing dengan negara-negara maju. Berbicara mengenai sistem perekonomian tidak lepas dari peran mata uang. Fungsi mata uang sebagai alat transaksi memang sangat vital bagi proses ekonomi sebuah negara.

Panama, Nama Mata Uang Negaranya Adalah Balboa, ternyata memiliki kisah unik yakni nama dari Balboa sendiri diambil dari salah seorang penakluk dari Spanyol bernama Vasco Nunez de Balboa. Bagi Anda penyuka kisah sejarah pasti tahu tentang tokoh tersebut. Tidak hanya mata uang saja, tokoh penakluk tersebut juga menjadi nama tempat, kawasan, dan apartemen. Sungguh satu tokoh inspirasi bagi warga Panama.
Nama Mata Uang Negara Panama
Kisah tentang mata uang Balboa ternyata cukup panjang, dimana bermula dari tahun 1903 Panama mendapat kemerdekaan setelah melewati pertempuran bernama Guerra de Los Mil Dias atau terkenal dengan sebutan Perang Seribu Hari. Panama, Nama Mata Uang Negaranya Adalah Balboa sebelumnya tidak menggunakan tersebut tetapi memakai Peso Colombia.

Advertisement
Namun seiring dengan perubahan perekonomian di Panama maka mata uang Balboa menjadi pilihan dan nilai nominalnya sama dengan Dolar Amerika. Perkembangan selanjutnya pada tahun 1941 mata uang Balboa dicetak dalam bentuk kertas. Sebelumnya bentuk dari mata uang Balboa berbentuk koin. Tetapi setelah Presiden Aria turun jabatan maka semua uang kertas Balboa ditarik kembali dan dimusnahkan.

Panama, Nama Mata Uang Negaranya Adalah Balboa tidak lagi digunakan setelah Presiden Aria turun, dan digantikan dengan mata uang Dolar Amerika. Berbagai potensi ekonomi di Panama mampu menaikkan taraf hidup masyarakat, hasil pertanian, pertambangan, dan industri menjadi penopang penting bagi perkembangan ekonomi negara ini.

Baca juga terkait Nama Mata Uang Negara Panama :

Dari tahun ke tahun perekonomian Panama semakin maju hingga mampu menjadi negara mandiri dan memiliki nilai mata uang tinggi. Untuk nilai mata uang Panama terhadap Rupiah terbilang cukup tinggi hampi menyamai mata uang Pound, 1 Balboa = Rp 13.583. Perbandingan tersebut didapatkan dari bulan Januari 2016. Itulah pembahasan mengenai Nama Mata Uang Negara Panama semoga bermanfaat.