Nama Mata Uang Negara Kamboja

Advertisements

Nama Mata Uang Negara Kamboja - Kamboja merupakan salah satu negara di kawasan Asia. Negara Kamboja sebagai negara agraris yang mengandalkan bidang pertanian sebagai penopang kekayaan masyarakatnya memiliki lahan dimana 80% dari lahannya ditanami dengan padi.

Negara Kamboja ini merdeka dari penjajahan Perancis pada tanggal 9 November 1953, setelah itu memulai sebagai negara yang resmi memiliki andil tersendiri termasuk menentukan satuan mata uang. Kamboja, mata uang negaranya adalah Riel.
Nama Mata Uang Negara Kamboja

Sejarah dan Perekonomian Negara Kamboja

Kamboja, mata uang negaranya adalah Riel sempat mengalami perlambatan ekonomi karena masa krisis financial Asia di tahun 1997, dimana investasi asing dan turis menurun drastic dan kekacauan ekonomi menjadikan terjadinya kekerasan dan kerusuhan di negara Kamboja.

Advertisement
Kemudian pada tahun 2009, IMF atau Dana Moneter Internasional mengemukakan bahwa di tahun 2009 perekonomian Kamboja menyusut melebihi perkiraan. Penyusutan tersebut berkisar sebesar 0,5 persen. Kemajuan ekonomi nampak pada tahun 1990-an dimana pendapatan perkapita di negara Kamboja meningkat dengan drastisnya, meski tergolong masih rendah.

Semenjak meningkatnya pertumbuhan ekonomi negara Kamboja, GDP perkapita meningkat dari US$ 247 menjadi US$ 693 di tahun 2009. Sedangkan pada tahun 1980, mata uang Kamboja, mata uang negaranya adalah Riel baru digunakan untuk menggantikan mata uang lama dan digunakan sampai saat ini.

Kode, Simbol dan Istilah

Kamboja, mata uang negaranya adalah Riel mempunyai kode KHR. Riel Kamboja digunakan secara resmi sejak tahun 1980 untuk menggantikan mata uang Riel Kamboja yang lama.

Satuan Nilai Mata Uang

Mata uang Riel Kamboja setiap satuan sub unitnya dibagi menjadi 100 sen, yakni 100, 200, 500, 1000, 2000, 5000 dan paling besar adalah 10.000 riel.  Jika Timor Leste terkenal tidak memiliki uang kertas resmi pemerintah, Kamboja tidak memiliki uang logam, melainkan semuanya adalah uang kertas yang lebih banyak digunakan untuk perekonomian dalam negri.

Baca juga terkait Nama Mata Uang Negara Kamboja :

Konversi Mata Uang terhadap Rupiah

Untuk Riel Kamboja (KHR), nilai tukar dengan Rupiah Indonesia (IDR) yakni 100 KHR bernilai 338.22 IDR. Nilai rupiah masih cukup rendah terhadap mata uang dunia Kamboja. Itulah pembahasan mengenai Nama Mata Uang Negara Kamboja Semoga bermanfaat.