Nama Mata Uang Negara Jepang

Advertisements

Nama Mata Uang Negara Jepang - Jepang, nama mata uang negaranya adalah Yen. Sebagai negara maju, Jepang memiliki sejarah yang berkaitan dengan Indonesia yang pernah dijajah, serta sejarah terhadap mata uang yang digunakan sebagai alat perekonomian negara tersebut.

Jepang juga menjadi negara yang banyak dikunjungi oleh masyarakat Indonesia baik untuk kunjungan wisata maupun pendidikan, dimana mata uang Yen juga sering dikonversikan ked an dari mata uang Rupiah Indonesia.
Nama Mata Uang Negara Jepang

Kode, Simbol, Istilah dan Sejarah

Mata uang Jepang, nama mata uang negaranya adalah Yen resmi digunakan sejak tanggal 27 Juni 1871 berdasarkan peraturan pemerintahan mengenai mata uang baru atau disebut dengan Shinka Jorei. Mata uang Yen memiliki kode JPY dengan simbol ¥ dan ditulis dengan huruf kanji menggunakan bentuk 円.

Advertisement
Huruf kanji tersebut hanya dibaca ‘en’, yang artinya lingkaran. Sebab pada tradisi masyarakat Jepang, menyebut mata uang adalah dengan melambangkan dengan lingkaran yang dibentuk dengan ibu jari serta jari telunjuk.

Nilai dan Pecahan Yen

Satuan mata uang negara Jepang sebelum tahun 1953 ialah ¥1 bernilai 100 sen, dan ¥1 bernilai 1000 rin.  Namun satuan yen dan rin sudah tidak berlaku lagi setelah tahun 1953. Uang Jepang yakni pada uang kertasnya memiliki pecahan yang sedikit, yakni 4 pecahan, yaitu ¥1000,  ¥2000, ¥5000, ¥10.000.

Jumlah pecahan tersebut merupakan jumlah yang sedikit bila dibandingkan dengan pecahan mata uang Rupiah Indonesia. Uniknya, mata uang Jepang ini cukup mudah dikenali pula oleh tuna netra sebab memiliki bentuk dan tekstur yang khas. Yakni adanya tanda garis pada uang ¥1000, tiga bulatan pada uang ¥2000, tanda bulat satu pada uang ¥5000 serta garis siku pada uang pecahan ¥10.000.

Baca juga terkait Nama Mata Uang Negara Jepang :

Konversi Mata Uang Yen terhadap Rupiah

Konversi mata uang atau nilai tukar Yen sebagai mata uang dunia Jepang terhadap Rupiah Indonesia, didapatkan konversi terbaru, 1 yen Jepang bernilai Rp. 116.2509491895  rupiah. Perekonomian Jepang yang stabil membuktikan bahwa nilai tukar Yen terhadap Rupiah masih dianggap stabil karena masih berkisar 100 – 150 rupiah selama 15 tahun. Itulah pembahasan kami mengenai Nama Mata Uang Negara Jepang Semoga bermanfaat.