Nama Mata Uang Negara Iran

Advertisements

Nama Mata Uang Negara Iran - Bila Anda mendengar nama Iran pastinya sudah identik dengan negara Islam, namun kali ini kita tidak membahas soal agama namun mata uangnya. Iran dalam sistem perekonomiannya menggunakan mata uang resmi Real. Mata uang tersebut diterbitkan oleh Bank Central Republik Islam Iran.

Untuk satu Real dibagi menjadi 100 Dinar, dan terdiri dari uang kertas dan koin. Untuk kin dibagi menjadi beberapa bagian yakni 5, 10, 50, 100, 250, dan 500 Real. Sedangkan untuk uang kertas dibagi dalam pecahan 100, 200, 500, 1000, 2000, 5000, 10000, dan 20000 Real.
Nama Mata Uang Negara Iran

1 Real berapa Rupiah?
1 Real = Rp 4.217

Sejarah dari mata uang Real ternyata memiliki keunikan tersendiri dimana selama beberapa abad Real berasal dari Spanyol . Sebelum menggunakan Real, Iran memakai mata uang benama Toman. Namun mata uang Toman tidak lama menjadi mata uang resmi Iran dan diganti dengan Real.

Advertisement
Mata Uang Real tersebut diperkenalkan pertama kali pada tahun 1798 pada saat itu bernilai 1250 Dinar. Kemudian pada tahun 1825 produksi Real diberhentikan dan diganti dengan Qiran dengan nilai 1000 Dinar atau 1 Toman. Mata uang Qiran juga tidak bertahan lama lalu digunakan lagi mata uang Real sebagai mata uang resmi pada tahun 1932.

Mengengok dari sejarahnya, peradaban ekonomi di Iran sudah dikenal maju pada pemerintahan Cyrus Agung. Sebelum Cyrus Agung, di Iran sendiri sudah ada kekaisaran pertama yakni Kekaisaran Media dan menjadi symbol pendiri bangsa dan kekuasaan di Iran. Sejarah telah memperlihatkan pada zaman dulu Iran juga memiliki sistem perekonomian dan kebudayaan yang maju. Sebagai negara maju tentunya perputaran uang di negara tersebut berjalan cepat.

Baca juga terkait Nama Mata Uang Negara Iran :

Sebagai mata uang, Real telah berperan penting dalam semua transaksi jual beli selama bertahun-tahun di Iran. Saat ini Iran menjadi salah satu negara yang mampu bertahan dalam krisis global meski dalam beberapa dekade terlibat peperangan. Nah itu tadi sekilas mengenai sejarah dari Nama Mata Uang Negara Iran dan beberapa informasi mengenai sistem ekonomi di Iran. Semoga informasi tersebut memberikan manffat bagi Anda.