Nama Mata Uang Negara Hongkong

Advertisements

Nama Mata Uang Negara Hongkong - Siapa yang tidak mengenal negara Hongkong? Salah satu negara besar di Dunia ini pernah menduduki urutan ke sembilan dalam posisi mata uang paling banyak diperdagangkan di dunia. Tentu saja dengan prestasi baik tersebut semakin membuat penasaran, seperti apa sih keunikan dan manfaat mata uang dari Hongkong di dunia internasional? Hongkong menggunakan mata uang resmi bernama Dollar Hongkong.

Mata uang tersebut sudah diterbitkan oleh Hongkong sejak tahun 1993. Satu Dollar Hongkong dibagi menjadi 100 sen dan pada mata uang jenis koin nilai nominal terkecilnya adalah 10 sen.Untuk mata uang jenis kertas tersedia dalam enam pecahan dengan nilai nominal terbesar 1000 HKD dan yang terkecil adalah 10 HKD.
Nama Mata Uang Negara Hongkong

1 Dollar Hongkong berapa Rupiah?
1 Dollar Hongkong = Rp 1 773.25

Dollar Hongkong atau disebut dengan HKD memiliki sesuatu yang menarik yakni dikeluarkan oleh tiga bank sekaligus yaitu Bank of Cina, Standard Chartered, dan HSBC. Dilihat dari desainnya, mata uang Hongkong ini memiliki warna yang bervariasi sesuai dengan nilai nominalnya.

Advertisement
Masyarakat Hongkong saat ini menerima pembayaran konvensional dengan memakai mata uang Dollar Hongkong. Dari beberapa sumber menyebutkan bahwa mata uang dari Hongkong ini terbilang unik khususnya dari bentuknya, terdapat dua jenis mata uang Dollar Hongkong yang memiliki bentuk berbeda. Perbedaan yang sangat mencolok adalah kedua jenis mata uang itu dibuat oleh dua pemerintah yang berbeda.

Untuk mata uang yang pertama diluncurkan pada saat Hongkong dikuasai Inggris, sedangkan untuk mata uang kedua dirilis oleh pemerintah Tiongkok. Namun keduanya bisa berlaku di Cina maupun Hongkong dan memiliki nilai yang sama. Jika dilihat dari mata uang jenis koin terlihat ada gambar ratu atau raja Inggris, sedangkan untuk koin yang dibuat oleh Cina terlihat gambar bunga bauhinia.

 Baca juga terkait Nama Mata Uang Negara Hongkong :

Meskipun keberadaan mata uang koin dari pemerintah Inggris semakin berkurang ternyata masih bisa diterima publik. Nah itu tadi beberapa informasi mengenai Nama Mata Uang Negara Hongkong, jika Anda masih penasaran seperti apa bentuk aslinya silahkan mengunjungi Hongkong sambil menikmati tempat wisatanya.