Nama Mata Uang Negara Honduras

Advertisements

Nama Mata Uang Negara Honduras - Honduras sebuah negara dengan jumlah penduduk sekitar 7,5 juta orang menjadi salah satu negara kecil di kawasan Amerika Tengah. Lokasi dari Honduras berseberangan dengan negara lainnya yakni Guatemala, Honduras, dan El Salvador. Meskipun berupa negara kecil, Honduras mempunyai mata uang resmi sendiri bernama Lempira. Mata uang tersebut diberi symbol L dan sudah digunakan pertama kali sejak tahun 1931.

Sistem perekonomian di Honduras pada tahun 1990 an mengandalkan sektor pertanian pisang dan kopi. Tidak banyak potensi alam atau tambang yang bisa dimanfaatkan di negara ini. Dengan hal itu rata-rata masyarakat di Honduras hidup di bawah garis kemiskinan. Sebanyak 24% dari dari total 53% warga miskin ternyata masih ada yang masuk di katergori kemiskinan ekstrim.
Nama Mata Uang Negara Honduras


1 Lempira berapa Rupiah
1 Lempira = Rp 620.19

Sejarah perekonomian Honduras memang berpusat pada pengembangan sektor pertanian, hampir semua masyarakat berpenghasilan dari menanam pisang. Namun pada tahun 2002 perekonomian Honduras mengalami penurunan mencapai 24% dan itu membuat nilai tukar nominal mata uang Lempira terhadap Dollar Amerika semakin kecil.

Advertisement
Karena mengandalkan komuditas tanaman pisang, maka Honduras juga disebut sebagai Republik pisang. Perusahaan-perusahaan buah dunia hampir menguasai penuh semua tanah pertanian warga. Namun dibalik kekuasaan industry besar dari Amerika ternyata ada kepentingan dalam mengambil alih arena politik Honduras.

Akibat dari intervensi ekonomi yang dilakukan perusahaan buah-buah tersebut membuat perekonomian Honduras semakin terpuruk. Para petani hanya berminat menanam komoditas pisang sedangkan perusahaan besar buah-buahan sudah menguasai pangsa pasar. Semua lahan terbaik yang sudah menjadi milik perusahaan direbut kembali oleh para petani dan pihak militer untuk menanam pisang. 

 Baca juga terkait Nama Mata Uang Negara Honduras :

Meskipun berupa sebuah negara kecil saat ini Honduras masih menjadi negara kurang maju di Amerika Tengah. Perekonomian dan perputaran uang di negara ini hanya berpusat pada perdagangan komoditas pisang saja. Maka dari itu perusahaan asing tidak berminat untuk berinvestasi di negara ini. Itulah informasi mengenai Nama Mata Uang Negara Honduras dan beberapa informasi mengenai perekonomiannya, semoga bermanfaat.