Nama Mata Uang Negara Finlandia

Advertisements

Nama Mata Uang Negara Finlandia - Finlandia satu negara yang terletak di kawasan Eropa Utara dan menjadi salah satu anggota dari Uni Eropa. Jika dilihat dari letak geografisnya Finlandia berbatasan langsung dengan Swedia di sebelah barat, Norwegia di utara, dan Rusia di sebelah timur. Ada satu keunikan tersendiri dari Finlandia ini, dimana mata uangnya menggunakan Markka sebelum digantikan dengan Euro. Mungkin Anda belum pernah mendengar mata uang Markka, tentu saja mata uang ini dipakai di Finlandia sebelum tahun 2002. Ternyata Finlandia memiliki sejarah yang sudah mendunia, termasuk mata uangnya. 

Sejak tahun 1154 Finlandia merupakan bagian Kerajaan Swedia dan pada abad ke 18 diduduki oleh tentara Rusi sebanyak dua kali. Pada tahun 1808 Finlandia kembali dikuasai tentara Kaisar Aleksander I lalu menjadi kawasan Kekaisaran Rusi hingga akhir tahun 1917. Pada zaman dulu mata uang yang digunakan untuk transaksi berupa koin dan kertas. Seiring perkembangan zaman berubahlah bentuk dan nilai nominal dari mata uang Markka.
Nama Mata Uang Negara Finlandia

1 Markka berapa Rupiah?
1 Markka = Rp 2455.37

Kebangkitan nasional di abad 20 terjadi di Finlandia pada tahun 1860 dimana terlahirnya pergerakan Fennoman,. Resminya Finlandia merdeka dari Revolusi Bolshevik pada 3 Januari 1918. Konsistensi masyarakat dan pemerintah Finlandia dalam menggunakan mata uang Markka terlihat dari perkembangan ekonominya. Perdagangan internasional membuat keberadaan mata uang Markka semakin sedikit dan didominasi oleh mata uang Euro.

Advertisement
Perdagangan di Finlandia dari zaman dulu didominasi oleh transaksi sumber daya mineral, kayu, kertas, air bersih, dan agricultural. Setelah menggunakan mata uang Euro perdagangan internasional Finlandia meningkat mencapai sepertiga dari PDB. Pernah tercatat kerjasama Finlandia dengan negara Uni Eropa mendapat keuntungan 60% dari jumlah total transaksi. 

Baca juga terkait Nama Mata Uang Negara Finlandia :

Beberapa partner negara dari Finlandia terdiri dari Jerman, Swedia, Belanda, Tiongkok, Inggris, Rusia, dan Amerika Serikat. Sejarah di Negara Finlandia sudah menunjukkan bahwa mata uang resmi Markka pernah menjadi tonggak perekonomian di negara tersebut. Itulah tadi beberapa informasi mengenai perekonomian di Finlandia beserta Nama Mata Uang Negara Finlandia.