Nama Mata Uang Negara Ekuador

Advertisements

Nama Mata Uang Negara Ekuador - Pernahkah Anda mendengar Negara Ekuador? Satu negara yang mempunyai sistem ekonomi dengan memakai mata uang bernama Sucre. Mungkin Anda tidak sering mendengar tentang Negara Equador, dan mata uang Surce sudah digantikan dengan Dolar AS. Sucre digunakan sebagai mata uang dari tahun 1980 hingga tahun 2000. Sucre dibagi menjadi 100 centavo dan satuan uang mulai dari 5 hingga 50.000 sucre.
Ekuador, Nama Mata Uang Negaranya Adalah Sucre
Ekuador, Nama Mata Uang Negaranya Adalah Sucre
1 Sucre Ekuador berapa Rupiah?
1 Sucre = Rp 25000
Dari segi sejarahnya, mata uang Sucre di buat untuk melawan dominasi US Dollar sebagai mata uang global. Ternyata nama Sucre diambil dari nama pahlawan dari Amerika Latin yakni Antonio Jose de Sucre. Selain diambil dari nama pahlawan, Sucre juga menjadi singkatan dari Sistema Unico de Compensacion Regional atau dalam Bahasa Inggris menjadi Unified System for Regional Compensation.

Advertisement
Surce menjadi satu alat pembayaran untuk perdagangan regional antar negara di Amerika Latin dan Karibia. Mata uang Sucre ini dimaksudkan untuk meminimalisir pengaruh ekonomi global terhadap perekonomian negara Amerika Latin. Uniknya negara yang pertama kali memakai mata uang Sucre yakni Venezuela pada masa pemerintahan Presiden Hugo Chaves. Setelah dipelopori Venezuela, mata uang ini menyebar ke beberapa negara yang tergabung dalam blok ALBA atau aliansi masyarakat Amerika Latin.

Meski digantikan dengan Dollat Amerika, Sucre masih menjadi mata uang virtual yang berarti masih diterbitkan dalam bentuk uang kartal atau koin dan kertas di masyarakat. Penggunaan mata uang Sucre untuk pertama kalinya terjadi antara Venezuela dengan Ekuador untuk persoalan transaksi penjualan 15 ribu ton beras dengan nilai total 1.89 juta Sucre pada tahun 2010.

Baca juga terkait Nama Mata Uang Negara Ekuador :

Sejarah lain juga mengisahkan bahwa fenomena krisis semakin parah menerjang Ekuador dan negara Amerika Latin. Terjadinya krisis menguat karena adanya pendapat untuk menciptakan mata uang pengganti US Dollar semakin gencar. Berbagai intrik dan permasalahan dalam subtitusi Sucre ke Dollar Amerika terus berkembang hingga akhirnya US Dollar berhasil mendominasi Ekuador. Itulah informasi mengenai Nama Mata Uang Negara Ekuador, semoga bermanfaat.