Nama Mata Uang Negara Kanada

Advertisements

Nama Mata Uang Negara Kanada - Setiap negara pasti mempunyai mata uang untuk proses transaksi perekonomian. Dari tahun ke tahun mata uang cenderung berubah dari bentuk dan nilai nominalnya. Salah satu negara yang memiliki ekonomi terbesar ke sembilan di dunia ini memiliki mata uang bernama Dollar Kanada dengan lambang $. Mata uang Dollar ini sudah resmi menjadi mata uang Kanada sejak tahun 1858 menggantikan Pound Kanada. Mata uang ini dibagi menjadi 5, 10, 20, 50, 100 Dollar.

1 Dollar Kanada berapa Rupiah
1 Dollar = Rp 10 341.33
Nama Mata Uang Negara Kanada
Sejarah sebelum memakai mata uang Dollar, ternyata Kanada menggunakan Pound atau Paun. Pada tahun 1796 hingga 1825 Kanada terus mengalami gejolak ekonomi dengan Spanyol. Masyarakat Kanada pada zaman dulu diharuskan bertransaksi menggunakan Dollar Spanyol, namun pada tahun 1841 Kanada menerapkan sistem baru dimana nilai tukar untuk 1 Pound Kanada  sama dengan 4 Dollar Amerika Serikat.

Advertisement
Karena kebijakan tersebut hubungan antara Kanada dengan Amerika semakin erat. Pada zaman dahulu perputaran mata uang di masyarakat tidak secepat saat ini. Perkembangan dan peningkatan pendapatan penduduk membuat perputaran uang semakin cepat. Berbekal pengalaman bekerja sama dengan Spanyol dan Amerika kini Kanada menjadi satu negara maju. Terbukti pada tahun 2009 lalu pertumbuhan ekonomi di negara ini disumbang oleh sektor pertanian, tenaga, perhutanan, dan ekspor sebesar 58%.

Sedangkan dari sektor lain seperti pengadaan peralatan mesin, dan produk otomotif menyumbang sekitar 30%. Memang, Kanada sudah menjadi negara maju, dan masyarakatnya sudah dibekali dengan pengetahuan mumpuni. Pertanyaannya apakah selain bidang industri ada faktor pendukung lain dari pertumbuhan ekonomi Kanada yakni sumber daya alam yang cukup besar khususnya minyak dan gas. 

Baca juga terkait Nama Mata Uang Negara Kanada :
  1. Nama Mata Uang Negara Bulgaria
  2. Nama Mata Uang Negara Brunei Darussalam
  3. Nama Mata Uang Negara Brazil
  4. Nama Mata Uang Negara Bolivia
  5. Nama Mata Uang Negara Belgia
 
Berbagai industri besar berada di negara ini seperti Alberta Labrador, dan Newfoundland. Selain minyak dan gas Kanada juga memiliki ssumber daya mineral berupa tembaga, bijih besi, batubara, dan emas. Nah itu tadi penjelasan mengenai Nama Mata Uang Negara Kanada, semoga informasi di atas memberikan pengetahuan bagi Anda.