Nama Mata Uang Negara Chili

Advertisements

Nama Mata Uang Negara Chili - Artikel ini menjelaskan tetang mata uang dari Chili. Negara Chili tentunya Anda pernah mendengar dan tahu tentang negara ini. Seperti negara-negara lain Chili memiliki alat transaksi dalam sistem perekonomiannya. Mata uang yang digunakan di negara Chili adalah Peso, dan sudah diresmikan sejak tahun 1975 menggantikan mata uang sebelumnya yakni Eskudo Chili.

Peso dibagi menjadi 100 centavo dan setiap mata uang dibagi lagi menjadi 1000, 2000, 5000, 10.000, 20.000 pesos. Seperti halnya Indonesia dalam mencetak mata uang diatur oleh Bank Indonesia, Chili juga memiliki bank yang mencetak dan mengatur penggunaan mata uang yakni Banco Central de Chile.

1 Peso berapa Rupiah
1 Peso = Rp 19.27

Nama Mata Uang Negara Chili
Jika dilihat dari sejarahnya, ekonomi Chili pernah mengalai kemunduran, dimana pada tahun 1920an  kaum buruh dan kelompok Marxis mendapat dukungan rakyat mengajukan permohonan kepada kalangan reformis yang menjadi jembatan antara pihak elit dengan rakyat jelata. Namun tidak ada kesepakatan diantara kelompok tersebut sehingga menimbulkan krisis yang semakin buruk.

Advertisement
Dari tahun ke tahun polemik ekonomi di negara Chili mengalami pasang surut. Masyarakat Chili menginginkan perubahan ekonomi demokratis dan puncak kesuksesan Chili terjadi pada tahun 1980 hingga 2000 dimana Milton Friedman yang merupakan pemenang nobel eknomi memberikan istilah Miracle of Chile atau Keajaiban Chili karena peforma ekonomi Chili dinilai sangat bagus.

Padahal sebelumnya pada tahun 1973 Chili dilanda inflasi hingga ratusan persen dan PDB semakin merosot. Nilai tukar Peso terhadap mata uang asing semakin terpuruk. Namun dengan adanya reformasi ekonomi yang diluncurkan para ekonom Chili berhasil membuat perubahan ke arah baik. Ada tiga reformasi yang dilakukan untuk mengatasi inflasi tersebut yakni liberalisasi ekonomi, privatisasi BUMN, dan stabilisasi inflasi.

Itulah tadi beberapa informasi mengenai mata uang dari Chili, setiap negara pasti mempunyai kisah sejarah dalam perekonomiannya. Chili yang pernah mengalami krisis ternyata mampu bangkit dan mendapat gelar dalam keberhasilannya menstabilkan ekonominya. Semoga informasi Nama Mata Uang Negara Chili bermanfaat bagi Anda.