Nama Mata Uang Negara Ceko

Advertisements

Nama Mata Uang Negara Ceko - Artikel ini akan membahas mengenai mata uang dari negara Ceko. Tentunya Anda pasti pernah mendengar tentang negara Ceko ini. Tidak berbeda dari negara lain, Ceko memiliki mata uang resmi bernama Koruna. Mata uang Koruna diterbitkan sejak 8 Februari 1993 menggantikan mata uang sebelumnya yakni Koruna Cekoslowakia. Uniknya nama Koruna tersebut berasal dari kata Mahkota dalam Bahasa Indonesia. Namun pada tahun 2012 Koruna berganti menjadi Euro.

1 Koruna berapa Rupiah
1 Koruna = Rp 539.55

Setiap mata uang di satu negara pasti memiliki latar belakang sejarah, tidak berbeda jauh dari mata uang lainnya, Koruna ternyata sudah digunakan di tanah Ceko pada zaman Kerajaan Bohemia di abad ke 15 hingga ke 17. Revolusi di negara Ceko terus berlanjut hingga Perang Dunia I, pada saat itu Ceko bergabung dengan Slowakia dan membentuk republik  Cekoslowakia pada tahun 1918. 
Nama Mata Uang Negara Ceko
Namun keberlangsungan republik gabungan tersebut tidak bertahan lama, tepat pada tahun 1939 Ceko dan Slowakia pecah. Pembubaran Cekoslowakia tersebut dirundingkan melalui Persetujuan Munchen pada tahun 1938. Hasil dari perpecahan tersebut membuat Slowakia mendapat daerah otonomi lebih besar.

Advertisement
Pada saat Perang Dunia II tepatnya pada 1 Januari 1993 diresmikan dua negara yakni Republik Ceko dan Republik Slowakia. Setelah itu Republik Ceko bergabung bersama NATO di tahun 1999 dan Uni Eropa pada tahun 2004. Pada awalnya kedua negara tersebut memutuskan untuk memakai mata uang yang sama yakni Koruna. 

Hal itu disebabkan oleh prediksi jika kedua negara memakai mata uang berbeda maka kedua negara khususnya Ceko akan mengalami kerugian besar. Akhirnya untuk memisahkan mata uang kedua negara maka diubahlah nilai mata uang dari dua negara dimana Koruna dari Ceko mempunyai nilai tukar lebih tinggi dibanding Koruna Slovakia hingga saat ini nilai tukar tersebut masih diberlakukan. 

Baca juga terkait Nama Mata Uang Negara Ceko :
  1. Nama Mata Uang Negara Kanada
  2. Nama Mata Uang Negara Bulgaria
  3. Nama Mata Uang Negara Brunei Darussalam
  4. Nama Mata Uang Negara Brazil
  5. Nama Mata Uang Negara Bolivia

Itulah tadi informasi mengenai mata uang Republik Ceko menarik bukan? Memang tiap-tiap negara memiliki kisah unik dari mata uangnya. Semoga pembahasan artikel Nama Mata Uang Negara Ceko dapat bermanfaat untuk anda semuanya.