Nama Mata Uang Negara Bulgaria

Advertisements

Nama Mata Uang Negara Bulgaria - Siapa yang tak kenal negara Bulgaria? Satu negara yang terletak di Eropa Tenggara berbatasan langsung dengan 5 negara yakni Rumania, Yunani, Serbia, Republik Makedonia, dan Turki. Tetapi tidak banyak orang mengenali mata uang dari Bulgaria ini, penasaran bukan apa sih mata uang dari Bulgaria? Lev adalah mata uang dari Bulgaria dan sudah resmi sejak tahun 1881. Mata uang ini tiap satuannya dibagi menjadi 100 stotinka dan terbagi dari nilai nominal 2, 5, 10, 20, 50, dan 100 Leva, symbol yang dipakai adalah лв.

1 Lev berapa Rupiah
1 Lev = Rp 7 453.11

Nama Mata Uang Negara Bulgaria
Sejarah, perekonomian Bulgaria ternyata memiliki sejarah dan untuk mata uangnya pernah mengalami perubahan dari zaman ke zaman. Dari kisah sejarahnya Bulgaria menjadi satu negara dengan pertumbuhan ekonomi paling stabil di dunia, namun negara ini pernah juga mengalami keterpurukan pada zaman dinasti Asen tahun 1257. Keterpurukan perekonomian disebabkan karena faktor konflik internal. Namun setelah berakhirnya dinasti Asen perekonomian Bulgaria semakin membaik.

Advertisement
Negara dengan ibukota Sofia ini dari tahun ke tahun mengalami peningkatan di sektor ekonomi, sepertinya pengalaman di zaman kuno memberikan pelajaran bagi negara ini dan terbukti Bulgaria saat ini memiliki PDB per kapita sebesar 12.052 Dollar Amerika. Dalam menumbuh kembangkan perekonomiannya, Bulgaria mengandalkan sektor pertambangan seperti tembaga, emas, besi, batu bara, kilang minyak, bismuth dan manufaktur. 

Perputaran uang di negara ini tergolong cepat dan stabil dimana pembangunan dari sektor pajak kendaraan, komponen senjata api, dan bahan bangunan semakin cepat. Setiap warga negara Bulgaria sering menggunakan mata uang sendiri daripada mata uang luar negeri, dengan jumlah penduduk sekitar 7.351.234 orang ternyata pada tahun 2011 saja negara ini memiliki 3,2 juta tenaga kerja produktif. 

Baca juga terkait Nama Mata Uang Negara Bulgaria :
  1. Nama Mata Uang Negara Brunei Darussalam
  2. Nama Mata Uang Negara Brazil
  3. Nama Mata Uang Negara Bolivia
  4. Nama Mata Uang Negara Belgia
  5. Nama Mata Uang Negara Belanda

Hampir setengah dari jumlah total penduduk memiliki lapangan pekerjaan, tetapi ada beberapa faktor penghambat dari perekonomian di Bulgaria yaitu korupsi dalam bidang service umum dan penegakan keadilan yang lemah. Nah, itu tadi informasi mengenai Nama Mata Uang Negara Bulgaria beserta perekonomiannya, semoga bermanfaat.