Nama Mata Uang Negara Azerbaijan

Advertisements

Nama Mata Uang Negara Azerbaijan - Azerbaijan, nama mata uang negaranya adalah Manat – Azerbaijan ini berada di persimpangan negara Eropa dan Asia Barat Daya. Negara ini juga berbatasan langsung dengan negara Rusia, Georgia, dan Armenia. Untuk Azerbaijan, nama mata uang negaranya adalah Manat. Satuan terkecilnya bernama Gopik. Yaitu 100 Gopik. 

Jika Azerbaijan, nama mata uang negaranya adalah Manat yang di lambangkan dengan AZ ini di konversikan ke Rupiah Indonesia, 1.00 AZ sebanding dengan Rp 8.675,- atau Rp10.000,- sama dengan 1,15. Kata Azerbaijan sendiri berasal dari kata Atropates yang berarti ‘dilindungi oleh api’ dalam bahasa Perancis kuno dan negara ini menggunakan bahasa resmi Azerbaijan. 
Nama Mata Uang Negara Azerbaijan
Untuk ekonomi negara ini bisa di sebut sebagai negara dengan perkembangan sangat cepat di dunia. Hal ini bisa di buktikan dengan data statistik milik Azerbaijan dari tahun ke tahun yang meningkat drastis. Contohnya produk domestik bruto yang tumbuh 14,6 % sampai 25 % dalam beberapa tahun. Dan ini senilai 14.309.000.000 manat. 

Advertisement
Azerbaijan ini juga merupakan negara yang aktif dalam organisasi dunia. Antara lain Perserikatan Bangsa-Bangsa, Organisasi Keamanan dan Kerjasama di Eropa, Dewan Eropa, Organisasi Kerja Sama Islam, Persemakmuran dari Independen Negara, Laut Hitam Kolaborasi Ekonomi dan Organisasi Kerja Sama Ekonomi. Selain itu organisasi dunia, Azerbaijan, nama mata uang negaranya adalah Manat ini juga merupakan negara yang aktif dalam kerjasama antar negara Uni Eropa. 

Seperti Dana Moneter Internasional, Bank Eropa untuk Rekonstruksi dan Pembangunan, Bank Pembangunan Islam, dan organisasi resmi lainnya. Untuk barang yang di ekspor dari negara ini adalah bahan baku minyak bumi. Dan bisa di katakan, Azerbaijan ini merupakan negara dengan penghasil minyak bumi terbesar di dunia. 

Baca juga terkait Nama Mata Uang Negara Azerbaijan :
  1. Nama Mata Uang Negara Austria
  2. Nama Mata Uang Negara Australia
  3. Nama Mata Uang Negara Armenia
  4. Nama Mata Uang Negara Argentina
  5. Nama Mata Uang Negara Angola

Sementara negara-negara yang bekerjasama dengan Azerbaijan ini antara lain adalah negara Amerika, Afrika, Italia, Rusia, Perancis, Jepang, Ukraina, Turki, Tiongkok,  Indonesia, Norwegia, Ceko, Jerman, Singapura, Israel, dan Georgia. Industri di negara ini juga cukup maju. Seperti industri produk makanan dan minuman, bahan bakar energi dan teknik mesin, metalurgi dan industri regional lainnya. Itulah pembahasan kami mengenai Nama Mata Uang Negara Azerbaijan semoga bermanfaat untuk anda.